16 Ribu Jiwa di Sangihe Belum Punya KTP-el

Tahuna Sulut: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara(Sulut), Ratna Lombongadil mengatakan sekitar 16 ribu  wajib KTP belum mengantongi kartu tanda penduduk elektonik (KTP-el).  

“Sekitar 16 ribu warga tersebut sebagian tinggal di Sangihe sebagian lagi berada di luar daerah karena bekerja,” kata Ratna di Sangihe, Sabtu, 22 September 2018. 

Dari jumlah tersebut katanya, hanya 10 ribu warga yang berada di Sangihe, sedangkan enam ribu warga lainnya berada di luar Sangihe. Saat ini, kata dia, pemerintah kabupaten khususnya dinas dukcapil sedang membuka pelayanan bagi masyarakat Sangihe yang berada di Manado untuk pengurusan KTP di lokasi pameran Kayuwatu. 

“Kami saat ini membuka pelayanan perekaman KTP di lokasi pameran Kayuwatu Manado untuk warga Sangihe yang ada di kota Manado dan sekitarnya,” kata dia.

Pelayanan ini, kata dia untuk membantu masyarakat Sangihe khususnya
wajib KTP yang belum bisa ke Sangihe untuk mengurus KTP. Dia menambahkan, bupati telah menginstruksikan agar perekaman KTP-E lebih ditingkatkan sebagai upaya pemerintah mendukung pelaksanaan tugas Komisi Pemilihan Umum di mana wajib pilih diharuskan memiliki KTP-E.

“Bupati telah memberikan petunjuk bagi Dukcapil agar semua wajib KTP memiliki KTP-e guna mendukung pelaksanaan tugas KPU pada Pemilu 2019 nanti,” kata dia.

(ALB)