Trans Sulawesi Poso-Palu Terputus

Kondisi pasca-tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: AFP/Ola Gondronk)

Makassar: Gempa yang menguncang Kota Palu menyebabkan akses masuk kota tersebut terputus. Penyebabnya karena jembatan penhubung di Kota roboh.

“Ada laporan masuk Jembatan Kuning Palu tidak bisa dilalui karena terputus. Untuk jalur lainnya dinyatakan aman,” kata Kasat PJR Polda Sulteng AKBP Hendro, Sabtu, 29 September 2018, sembari menyatakan jalur dari Pasangkayu, Sulawesi Barat menuju Donggala, Sulteng aman untuk dilintasi. 

Baca: Jembatan Palu IV Ambruk

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Kepala Bidang Informasi Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Luwu Utara, Hasbullah yang sedang menuju ke Palu menginformasikan jika mereka tertahan di wilayah Poso karena akses jalan tetutup.

“Iya, akses jalan di Desa Mayoa, Kecamatan Pamona Selatan, Kabupaten Poso, Sulteng terputus, tidak bisa melintas, karena ada lempengan batu dari bukit yang terjatuh menutup jalan,” ungkap Hasbullah.

Baca: BMKG Pastikan Ancaman Tsunami Telah Berakhir

Sebelumnya BMKG mencatat kekuatan gempa dengan magnitudo 7,4 SR. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami pascagempa tersebut dan terpantau terjadi tsunami di Mamuju setinggi enam sentimeter dan pantai Palu dengan ketinggian 1,5 meter pada pukul 17.27 WIB.

Setelah tsunami surut, BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami pada pukul 17.36 Wita. Akibat bencana tersebut sejumlah bangunan rusak dan arus listrik serta komunikasi di Palu mati. Selain itu, dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka yang masih terus didata.

(ALB)