Wali Kota Manado Akan Datangi Kejagung Terkait Dana Hibah Banjir

Manado: Wali Kota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) bersedia memberikan keterangan seputar dugaan korupsi penggunaan dana bencana banjir pada 2018. Perkara itu sedang dalam pendalaman di Kejaksaan Agung di Jakarta.

Lumentut mengatakan akan mendatangi Kejaksaan untuk memberikan keterangan soal masalah itu. Agar, katanya, informasi mengenai dana dan penanganan bencana yang terjadi empat tahun lalu tidak simpang siur.

Dana tersebut, ujar Lumentut, merupakan hibah dari pemerintah pusat untuk penanggulangan setelah banjir menerjang pada Januari 2014. Ia mengaku meminta jajarannya untuk mengelola dana tersebut sebaik mungkin agar tak disalahgunakan.

Lumentut meminta warga Kota Manado untuk tenang. Warga, ujarnya, tak gampang terpancing dengan informasi yang tak jelas mengenai penggunaan dana.

“Serahkan saja penanganan pemeriksaan dana bantuan bencana ini kepada aparat penegak hukum. Masyarakat harap tenang, berikan kesempatan penegak hukum bekerja dulu. Saya minta doa dari seluruh masyarakat Kota Manado, agar pemeriksaan hukum ini berjalan dengan baik,” kata Lumentut di Manado, Sulawesi Utara, Senin malam, 1 Oktober 2018.

Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Sulut, termasuk Manado. Puluhan ribu orang mengungsi. Ribuan rumah dan sarana umum rusak.

(RRN)