Warga Sekitar Gamalama Butuh Bantuan Masker

Ternate: BPBD Kota Ternate, Maluku Utara, membagikan masker pada warga di Kecamatan Ternate Barat. Pembagian masker dilakukan lantaran warga di kecamatan tersebut terkena hujan abu vulkanik erupsi dari Gunung Gamalama.

“Sesaat setelah Gunung Gamalama Erupsi pada Kamis Siang, tim dari BPBD datang ke Kecamatan Ternate Barat untuk membagikan masker kepada warga,” kata Camat Ternate Barat, Ishak, di Ternate, Kamis, 4 Oktober 2018.

Namun jumlah masker yang dibagikan BPBD itu masih kurang. Warga di tiga kelurahan di Kecamatan Ternate Barat mencapai lebih 3.000 jiwa. Sementara masker yang dibagikan hanya berjumlah 1.000 lembar.

Ishak mengatakan telah meminta tambahan masker. Terlebih, hujan abu vulkanik meluas ke lima kelurahan lain.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Darno Lamani mengatakan gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu erupsi pada Kamis pukul 11:52 WIT. Asap putih menyembur hingga ketinggian 250 meter ke arah barat atau wilayah Kecamatan Ternate Barat.

Status gunung masih level II atau Waspada. Namun warga diminta meningkat kewaspadaan, tetap tenang, dan tak terpengaruh informasi tak benar soal Gamalama.

(RRN)