Donasi dari Aceh akan Bantu Bangun Masjid di Palu

Banda Aceh: Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Aceh menyebut penggalangan donasi masyarakat yang dibuka Pemerintah Provinsi Aceh bakal disalurkan untuk pembangunan masjid di Palu, Sulawesi Tengah.

“Jika rencana ini terwujud, maka masyarakat Aceh akan membangun masjid kedua di lokasi bencana tahun ini,” kata Ketua FPRB Aceh Nasir Nurdin di Banda Aceh, Kamis, 11 Oktober 2018.

Nasir menjelaskan, sebelumnya penggalangan donasi pertama melalui aksi Aceh Peduli
Lombok terkumpul dana Rp1,1 miliar, dan digunakan untuk membangun kembali Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Nasir menjelaskan, kondisi bangunan Masjid An-Nur yang terletak di Lombok Utara mengalami hancur total akibat peristiwa gempa bumi yang terjadi pada 5 Agustus 2018.

Sama halnya dengan penggalangan dana di NTB, kali ini melalui aksi Donasi Aceh untuk Palu yang terus mengalir digagas oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ahmad Dadek, dan Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri.

Bantuan uang yang sedang terus digalang bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah tersebut akan disalurkan pada masa rehabilitasi dan rekontruksi di provinsi itu.

“Untuk peletakan batu pertama pembangunan Masjid (An-Nur) dengan ukuran 15×15 meter yang berkonstruksi bambu itu, akan dilakukan plt (pelaksana tugas) gubernur Aceh dalam waktu dekat ini,” ungkap Nasir.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek mengatakan, hingga saat ini telah terkumpul dana melalui aksi Donasi Aceh untuk Palu sebesar Rp771.828.440 dengan jumlah
donatur sementara 281 orang.

“Tapi total dana di saldo rekening donasi kita di BRI Peunayong hingga pagi ini atau pukul 09.00 WIB, baru terkumpul Rp452.590.868,” jelas Teuku Ahmad.

(DEN)