Menteri Jonan Sebut Listrik di Palu dan Donggala Sudah Pulih

Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) area Gorontalo melakukan perbaikan listrik di kawasan Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). MI/Susanto.

Bandung: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, memastikan pasokan listrik di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sudah kembali pulih.

“Sudah kembali hampir sama seperti sebelum terjadinya gempa dan tsunami. Kecuali daerah-daerah atau bangunan yang sudah ambruk,” kata Jonan di kampusĀ  Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Rabu, 18 Oktober 2018.

Jonan menjelaskan, saat masa rehabilitasi, dirinya telah mengintruksikan jajarannya dari Badan Geologi untuk memberikan rekomendasi pemetaan wilayah kepada pemerintah daerah setempat.

Rekomendasi yang diberikan mengenai wilayah-wilayah mana saja yang terdampak bencana yang bisa kembali dibangun maupun yang tidak disarankan adanya pemukiman.

“Badan geologi melakukan asistensi kepada pemerintah kota dan provinsi untuk memberikan rekomendasi wilayah-wilayah yang dapat dibangun,” jelas Jonan.

Sementara upaya rehabilitasi pemukiman yang akan kembali dibangun, saat ini masih terus dikomunikasikan dengan kementerian terkait.

“Sekarang lagi runding karena melibatkan PU (pekerjaan umum), melibatkan kementerian lain,” ungkap Jonan.

(DEN)