7 Restoran Fast Food Populer Luar yang Ada di Indonesia

Makanan cepat saji atau biasa kita kenal dengan fast food merupakan pilihan terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Tidak sempat memasak di rumah karena kesibukan alasan yang cukup masuk akal. Ada pula yang memilih restoran fast food karena dianggap lebih praktis karena makanan dibungkus dengan packaging yang bagus. Selain itu, restoran fast food juga menawarkan beragam paket promo menarik yang tentu sangat menggiurkan.

Beragam fasilitas penunjang yang lengkap seperti ruangan yang luas, tempat yang bersih, koneksi wi-fi gratis, dan tawaran-tawaran menarik yang diberikan oleh restoran fast food yang membuat orang lebih memilih mendatangi restoran tersebut. Umumnya, orang makan di restoran fast food bukan hanya sekadar untuk makan, tapi juga untuk berkumpul bersama teman atau keluarga, merayakan ulang tahun atau sekadar nongkrong dengan memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis sambil menikmati hidangan yang disajikan.

Bila malas keluar rumah untuk beli makanan, kemudahan yang diberikan oleh restoran fast food yaitu fasilitas delivery untuk pemesanan yang diantar ke alamat tujuan. Konsumen bisa memesan makanan secara cepat lewat telepon bebas pulsa, order secara online atau lewat aplikasi handphone. Berbagai macam kemudahan tersebut, tentu semakin memanjakan konsumen karena mereka tak perlu repot-repot keluar rumah atau terjebak macet di jalan.

Jika diperhatikan, semua restoran fast food internasional yang beroperasi di Indonesia berasal dari Amerika Serikat. Beragam restoran fast food itu mempunyai menu-menu andalan yang menjadi ciri khas dan membedakannya dengan yang lain. Misalnya, restoran A&W yang populer dengan minuman root beer-nya. Selain itu, ada Pizza Hut yang mempunyai aneka macam pizza dengan pilihan rasa yang lezat dan bahan makanan yang sangat lengkap.

Berikut Daftar Restoran Fast Food Terkenal Dunia yang Ada di Indonesia

1. Pizza Hut

Makanan khas asal Italia ini sudah menjadi menu favorit bagi banyak orang tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia saja. Bicara tentang pizza, ada satu restoran waralaba asal Amerika Serikat yang pasti kamu kenal, yaitu Pizza Hut. Restoran yang sangat dikenal di seluruh dunia ini bisa kamu temukan di berbagai belahan kota di Indonesia. Pizza Hut untuk yang pertama kalinya dibuka pada tahun 1984 di daerah Jakarta. Kini, ada ratusan restoran Pizza Hut yang tersebar di puluhan kota di Indonesia dengan menu-menu andalannya.

Menu andalan sudah pasti adalah pizza dengan beragam bahan-bahan yang disukai orang seperti daging sapi, keju, ikan tuna, daging ayam, burger sapi, sosis ayam, mayonaise, mustard, dan sayuran. Tak cuma itu saja, ada aneka jenis seperti pasta misalnya beef spaghetti yang terdiri dari campuran daging sapi cincang, saos tomat, dan keju cheddar. Untuk melengkapi makanan, ada jenis-jenis minuman seperti milkshake, aneka macam jus buah, milktea, lemon tea, minuma soda, dan kopi. Buat kamu yang malas pergi keluar ada Pizza Hut Delivery (PHD) yang menyediakan layanan antar pesanan sampai di alamat yang dituju.

2. KFC

Untuk urusan ayam goreng, ada restoran makanan cepat saji yang sangat populer dan pasti kamu kenal, yaitu Kentucky Fried Chicken atau KFC. Restoran KFC yang didirikan oleh Colonel Sanders ini dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota di Indonesia dengan aneka macam makanan yang pastinya mengundang selera. Di Indonesia, lisensi restoran KFC dipegang oleh PT Fast Food Indonesia yang dimiliki oleh keluarga Gelael.

Apa saja menu KFC yang jadi favorit? Menu-menu KFC yang jadi andalan pastinya paha atau dada ayam goreng kombo yang dilengkapi dengan nasi dan minuman ringan Pepsi. Ayam goreng yang bisa dipesan memiliki berbagai variasi ukuran dengan harga yang berbeda pula. Selain menu ayam, ada pilihan menu lainnya seperti kentang goreng, makanan sarapan, salad, dan yakiniku. Tidak sabar makan ayam goreng KFC? Untuk kamu yang tidak sempat keluar, KFC menyediakan layanan delivery yang bisa dipesan kapan saja.

3. Burger King

Penggemar makanan burger pastinya tahu nama restoran fast food asal Florida, Amerika ini, Burger King. Burger King mempunyai tagline “Home of the Whopper” pada setiap media komunikasi pemasaran. Kata “whopper” merupakan kata kunci pada slogan tersebut untuk menggambarkan “sesuatu yang besar”.

Buat kamu yang pengin nyobain menu-menu makanan di Burger King, ada beberapa gerai yang bisa dikunjungi. Lokasi dan alamat restoran Burger King banyak ditemui di kota-kota besar saat ini. Menu-menu andalan Burger King misalnya bbq burger, king chicken fillet, flame grilled beef meals, cheese burger, dan minuman ringan.

4. McDonald’s

Semua orang tentu mengenal retoran fast food asal Amerika ini. Ya, McDonald’s yang terkenal dengan logo berbentuk huruf “M” melengkung berwarna kuning banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Restoran ini didirikan oleh dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald sejak tahun 1940 yang awalnya bernama “Bar-B-Q” di California. Pada tahun 1948, nama “McDonald’s” mulai digunakan dengan menyajikan aneka menu andalan seperti hamburger, cheeseburger, kopi, susu, softdrinks, kentang goreng, dan pie.

Kesuksesan McDonald’s membuat Ray Kroc tertarik untuk membeli lisensi dan mengembangkan restoran tersebut sehingga berkembang menjadi satu perusahaan bernama McDonald’s Corporation pada tahun 1955. Lewat perusahaan yang didirikannya, ia ingin membuka banyak cabang McDonald’s di seluruh Amerika. Tak hanya di Amerika, perkembangan McDonalds’s sangatlah pesat dengan hadirnya ribuan restoran yang tersebar di ratusan negara di dunia.

Restoran McDonlad’s di Indonesia tentunya menghadirkan menu-menu makanan yang halal sehingga kamu tak perlu khawatir memakannya. Selain menyediakan makanan yang bisa dimakan di tempat, McDonalds’s juga menyediakan fasilitas berupa drive-thru agar kamu bisa membawa pulang makanan yang dipesan. Ada juga McDelivery untuk pesanan yang diantar ke alamat tujuan. Selain restoran, ada pula McCafé, yaitu semacam coffee house milik McDonalds’s yang menawarkan aneka minuman seperti hot capuccino, espresso, macchiato, hot mocca, iced coffe latte, iced chocolate, dan lainnya.

5. A&W

Restoran fast food ini dikenal dengan minuman khasnya yang disebut dengan root beer, yaitu A&W. Root beer itu sendiri mulai dipasarkan kepada khalayak sejak pada masa perang dunia, tepatnya tahun 1919 oleh Roy W. Allen. Selanjutnya, ia bermitra dengan Frank Wright yang kemudian mendirikan restoran terkenal bernama A&W. Nama restoran makanan cepat saji itu diambil dari inisial nama kedua orang tersebut.

Selain root beer yang disajikan dengan frosty mugs, menu-menu andalan A&W di antaranya yaitu paket chicken yang terdiri dari ayam goreng, nasi, dan root beer. Selain itu ada deluxe burger, jumbo chicken sandwich, fish burger, mozza burger, jumbo chicken burger, veggie burger, mango chicken pocket, dan blackpepper mixbowl. Tersedia pula aneka jenis snacks seperti chicken strips, chicken soup, fried fries, curly fries, duo fries, dan perkedel.

6. Wendy’s

Wendy’s, nama restoran ini sangat populer di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Nama itu diambil dari nama anak perempuan sang pendirinya, Dave Thomas. Restoran franchise yang berasal dari Columbus, Amerika ini menjadikan burger sebagai menu andalannya. Beberapa gerai Wendy’s yang ada di Indonesia dioperasikan oleh CT Corp dan tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Palembang, Bandung, Manado, Yogyakarta, Bali, dan lainnya.

Menu-menu andalan Wendy’s yang bisa dipesan misalnya hot ‘n juicy beef burger, fried chicken, classic burger and sandwich, chicken sandwich, dan aneka minuman segar. Ada pula aneka makanan lainnya seperti home style chicken rice dan beef blackpepper rice.

7. Carl’s Jr

Pada tahun 1941, sepasang suami istri bernama Margareth dan Carl Karcher memulai bisnisnya dengan membeli gerobak hot dog. Selanjutnya, mereka mengembangkan usahanya dengan membuka Carl’s Drive-In Barbeque dengan menambahkan hamburger dalam menunya. Selanjutnya, bisnis mereka semakin berkembang dan Carl’s Jr mulai memfokuskan diri pada peningkatan layanan dan kualitas makanan.

Menu-menu andalan Carl’s Jr di antaranya yaitu aneka macam burger dengan berbagai variasi bahan makanan, ayam goreng, salad, makanan sarapan, desserts, dan minuman ringan. Di Indonesia, Carl’s Jr membuka gerainya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.