10 Makanan Penyubur untuk Membantu Istri Cepat Hamil

Kualitas sperma merupakan salah satu factor penting yang memengaruhi cepat atau tidaknya seorang wanita bisa hamil. Karena itu, bagi para pria yang ingin cepat dikaruniai momongan atau keturunan, tidak ada salahnya untuk mulai menyantap makanan penyubur sperma.

Makanan penyubur sperma ini berfungsi bantu untuk menambah jumlah sperma, mencapai bentuk sperma yang sehat, memperbaiki pergerakan sperma, hingga menambah volume semen. Dengan begitu, kemungkinan untuk tercapainya kehamilan pun akan lebih tinggi.

Jenis-jenis makanan penyubur sperma

Untuk bisa mencapai kehamilan, baik pria maupun wanita harus sama-sama memiliki komponen yang dibutuhkan. Wanita perlu sel telur yang sehat dan pria perlu memiliki sperma yang berkualitas baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sperma yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan penyubur sperma. Berikut ini daftar makanan yang bisa jadi pilihan.

1. Daging sapi dan ayam

Daging sapi dan ayam mengandung zinc yang memang terbukti baik untuk mengatur jumlah sperma serta motilitas atau pergerakannya, agar bisa sampai dengan selamat ke sel telur.

Selain dagingnya, hati sapi dan ayam pun dianggap baik untuk sperma karena kaya akan kandungan vitamin B-12. Vitamin ini telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, atau lettuce kaya akan kandungan folat. Untuk menyeharkan sperma, kandungan folat harus dipenuhi. Sebab, kekurangan folat telah terbukti berhubungan dengan rusaknya DNA sperma dan rendahnya produksi sperma.

3. Ikan

Makanan penyubur sperma selanjutnya adalah ikan. Ikan yang berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel, kaya akan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi testosteron dan motilitas sperma.

4. Telur

Telur merupakan makanan yang dipercaya baik untuk meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan. Selain dipercaya bisa menambah volume sperma, telur juga mengandung vitamin E dan protein yang dapat membantu pergerakan (motilitas) sperma.

5. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju juga kaya akan vitamin D yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, susu juga kaya akan asam D-aspartat, yaitu sejenis asam amino yang berperan dalam pengaturan hormon testosteron dan meningkatkan konsenterasi dan motilitas sperma.

6. Buah yang mengandung vitamin C

Buah yang rasanya cenderung asam seperti jeruk, kiwi, dan strawberry kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C termasuk salah satu antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan jumlah produksi sperma.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang juga bisa bertindak sebagai antioksidan. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan.

8. Ginseng

Ginsenoside, bahan aktif yang terdapat pada ginseng dapat menstimulasi pembentukan sperma. Selain itu, rempah yang satu ini juga dinilai dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

9. Dark chocolate

Siapa sangka cokelat ternyata masuk sebagai salah satu makanan penyubur sperma.Namun, bukan cokelat susu atau cokelat permen yang mengandung banyak gula. Cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate yang tidak mengandung terlalu banyak bahan tambahan lain.

Dark chocolate mengandung enzim yang bernama L-Arginine yang dapat membantu menambah volume sperma.

10. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, komponen yang bisa membantu melancarkan aliran darah, termasuk ke area organ reproduksi pria. Dengan adanya aliran darah, maka organ bisa berfungsi dengan baik, termasuk dalam hal memproduksi sperma yang sehat.

Bawang putih juga mengandung selenium, yaitu enzim yang dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma agar bisa mencapai sel telur.